Maintainance DTG

Sama seperti printer pada umumnya Printer DTG juga memerlukan perawatan yang tepat agar dapat bekerja dengan optimal.

Merawat Printer DTG tidaklah terlalu sulit bahan langkah berikut cukup mudah untuk anda lakukan.

Berikut hal – hal yang anda harus perhatikan betul tentang bagaimana merawat Printer DTG ;

  • Suhu ruangan, Untuk printer DTG pada kususnya suhu ruangan sangatlah penting,karena disinilah biasanya penyebab printer mengalami masalah, Suhu ruangan yang baik untuk Printer DTG adalah di sekitar 20 – 25 °C / 68 – 77 °F ,karena jenis tinta yang digunakan pada printer DTG memiliki sifat mudah mengering jika suhu ruangan terlalu panas. Jika suhu ruangan tidak sesuai biasanya akan berdampak pada print head ,seperti berkerak pada frame steel yang ada dibagian bawah print head, jika di abaikan hal ini akan membuat lubang kecil dimana tempat tinta pigment keluar akan mengalami cloging atau peyumbataan pada print head. Gejala awalnya akan bergaris pada hasil print,lalu warna tidak sesuai dengan gambar,dan ahirnya ada beberapa warna yang hilang. Jika hal ini sudah terjadi biasanya  dilakukan Head Cleaning 1 – 2 x , jika cara tersebut belum efektif sedot dari selang pembuangan pada bagian pompa printer menggunakan suntikan penyedot ,jika sudah dirasakan mudah ketika disedot lalu lakukan Head Cleaning 1 – 2 x biasanya sudah teratasi. Cara flashing menggunakan cairan Cleaner adalah langkah terahir yang dilakukan jika kedua cara sebelumnya masih kurang efektif, sebelum menggunakan cairan cleaner terlebih dulu lakukan dengan flashing menggunakan angin, dengan cara ditarik lalu dorong dengan perlahan.

     

  • Pompa Pembuangan,berfungsi untuk menjaga sirkulasi tinta pada print head agar sealu lancar ,cara kerjanya ketika proses head cleaning pompa pembuangan akan menyedot tinta melalui lubang kecil pada print head. Saat melakukan head cleaning, biasanya pada Capingstation akan menumpuk sisa-sisa tinta dari head cleaning, jika diabaikan sisa tinta pada Capingstation akan menumpuk dan membuat penyumbatan pada Capingstation, jika dibiarkan akan berdampak cloging pada print head karena saat melakukan head cleaning pompa pembuangan tidak bekerja dengan optimal. Untuk menjaga agar tetap dalam kondisi yang baik lakukan pembersihan padaCapingstation saat Capingstation sudah teralu banyak sisa tinta,dengan cara memberikan cairan cleaner pada Capingstation  lalu sedot melalui selang pembuangan.

     

  • Print Head, ini bagian terpentingnya karena semua  vendor DTG tidak memberikan garansi pada print head, untuk menjaganya agar selalu bekerja dengan baik, cara ini wajib dilakukan untuk pengguna printer DTG, setiap hari saat akan melakukan aktivitas menggunakan printer DTG sebelumya kocok tabung tinta terlebih dahulu lakukan Head cleaning dan test print, karena sifat tinta DTG yang mudah mengendap hal ini harus dilakukan, dan semua produk dari TDAG Printer kita mempermudah agar customer kami bisa melakukan mintenance.

     

  • Encoder, Produk TDAG Printer sendiri memiliki beberapa encoder diantaranya adalah encoder strip dan encoder bulat biasanya untuk customer kami yang trining ditempat akan kami jelaskan letak dan fungsi dari encoder, masalah yang biasa timbul karena encoder kotor adalah paperjam dan hasil print yang kurang begitu jelas di satu arah. Jarang sekali sebuah encoder mengalami kerusakan kecuali kerusakan fisik yang biasanya disebabkan oleh faktotr human error seperti tergores dari benda tajam dan ruangan yang mudah berdebu, sedang umur encoder sendiri biasanya cukup lama. Untuk merawatnya cukup bersihkan encoder dengan tisue yang dibasahi dengan cairan cleaner biasa juga menggunakan kain lembut cara membersihkanya pun harus sangat hati – hati usahakan tidak dipegang secara langsung menggunakan tangan dan tidak boleh ditarik.

     

Lamanya usia printer DTG biasanya tergantung dari cara mintenance yang baik dan benar, semoga tips diatas dabat membantu anda dalam merawat printer DTG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *